Jumat, 15 Juni 2012

Balon (Sastra)


Balon

Pagi itu si Badul hendak memberikan hadiah pada buah hatinya, hadiah yang akan diberikan pada kekasihnya adalah sebuah balon yang indah, di perjalanan si Badul berusaha meniup balon yang sudah dibelinya di Pasar Pagi, tiba-tiba ada Apek Atong menghampirinya. Sedangkan Badul masih sibuk dengan meniup balon yang bewarna merah jambu di mulutnya. “Fu…fu…fu….fu…”, Badul meniup dengan semangatnya, namun tak juga balon bisa besar tetap saja seperti semula tanpa perubahan.  Lalu sepontan Apek Atong menegurnya “Hayya….. lu apa macam tiup sampai lama-lama pun tak bisa itu balon besar, wa ada liat lu punya kepala sudah macam pusing-pusing? Wa bantu tiup ho”, kata Apek Atong dengan rasa kasihan.

Si Badul masih tampak pusing, ia masih memegangi kepalanya yang  berkunang-kunang.  Akhirnya Balon si Badul pun diserahkan pada Apek  Atong. Apek Atong sudah siap-siap akan meniup balon Badul. Balon warna merah jambu itu dipegang erat-erat oleh Apek Atong. Apek Atong  segera melakukan  persiapan dengan mangatur nafas, seraya sesekali membuka mulutnya untuk mengatur pernafasan. 

Apek Atong meski pun sudah tua ia benar-benar sanggup meniup balon warna merah jambu milik Badul, dengan heran Badul hanya memandangi Apek Atong meniup balonnya, si Badul panasaran sekali sehingga ia membungkukkan badannya lantaran Apek Atong lebih rendah dari badannya, Badul pun  melihat proses bagaimana Apek Atong meniup balon. Apek Atong semangat sekali meniup balon sampai mulutnya kembung dan matanya pejam-celik menahan udara yang sudah masuk ke balon agar tidak keluar lagi. “Fu…..fu…fu….”, Apek Atong terus meniup balon, Apek Atong berhasil, balon berwarna merah jambu pun mulai membesar.

Akhirnya, balon milik Badul benar-benar besar, Apek Atong sempoyongan, kepalanya berkunang-kunang, Apek Atong yang tadinya kelihatan muda berubah menjadi sangat tua pipinya pun jadi kendur kelelahan meniup balon warna merah jambu milik Badul. Apek Atong menyerahkan balon tersebut ke Badul, Badul pun sangat kaget sekali, karena balon itu tak lagi indah dan tidak pantas lagi diberikan kepada kekasihnya, balon  warna merah jambu yang dibayangkan Badul agar manjadi balon yang indah, melainkan berubah menjadi balon yang mengerikan, terlalu besar dan kemungkinan akan meledak. “Bisa meledak ntar kalau ku berikan pada pacarku”, pikir Badul, dengan perasaannya  yang masih terkejut  sempat juga  ia memikirkan apa yang akan terjadi pada balon teresebut nantinya.  Hindun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar