Sabtu, 24 Maret 2012

Bersih, Memotivasi Cara Belajar Murid



Ruang Kelas V SD.003
SD.003 Kampung Air raja
Tanjungpinang (HF), Sekolah dan lingkungan merupakan tempat belajar murid-murid. Di Tanjungpinang terdapat banyak sekolah dari tingkat SD bahkan sampai tingkat pergururan tinggi, tapi pernahkah tercerminkan, bahwa pola hidup sehat merupakan kesuksesan bagi murid, tak jarang lingkungan sekolah megalami permasalahan tentang pengolaan lingkungan yang bersih, hal ini dikeranakan kurangnya kerjasama antara murid dan guru, demikian yang disampaikan oleh ibu Sarinah guru SD 003 Km.14 Kampung Air raja (23/3).



Banyaknya murid-murid yang tidak disiplin mengakibatkan kebersihan sekolah sulit terkontrol, lalu apa hubungan kebersihan bagi motavasi siswa meningkatkan mutu belajar? Tentu jawabnya adalah kebersihan adalah salah satu pendukung bagi motivasi keberhasilan proses belajar-mengajar. Pada ruangan kelas masih terlihat sampah yang berserakan, lalu bagaimana murid mampu menyerap pelajaran yang diberikan oleh seorang guru dengan keadaan kelas yang tidak memungkinkan, kotor, berbau, dan terkesan jorok. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kuranngnya konsentari dan motivasi siswa ketika akan belajar, salah satu faktornya adalah  kebersihan kelas yang merupakan pememicu semangat belajar siswa.  
Kebersihan kelas sangat berpengaruh pada kelancaran proses belajar- mengajar, jelas efeknya akan sangat dapat kita rasakan. Kerena itu sebaiknya kerjasama antara guru, kepala sekolah, dan murid tetap harus ditingkatkan, dan demi tercapainya lingkungan yang nyaman belajar, guru harus cekatan  mengatasinya, atau dengan memberikan sanksi  bagi murid yang membuang sampah sembarangan, guru selalu member contoh kepada murid untuk membuang sampah pada tempatnya. Dapat juga dengan dibentuknya suatu tim kebersihan sekolah, atau diadakannya suatu perlombaan kebersihan, sehingga kebersihan selalu dapat diatasi.
Bersih itu indah, bersih itu sehat, bersih itu melahirkan jiwa yang sehat, hal ini akan cocok sekali kita terapkan pada murid-murid di sekolah. Bersih adalah cerminan lingkungan yang segar dan nyaman, dengan demikian jelas murid akan mampu menyerap pelajaran dengan baik karena lingkungan yang sehat. HF/Hindun.B8/12.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar