Rabu, 14 Maret 2012

Seni Tari Melayu Dikenali Sejak Dini



Siapa yang tidak kenal dengan seni tari?, terlebih lagi seni tari yang ada di Tanjungpinang, seni tari sudah dikenali sejak anak-anak balita, dengan melihat pertunjukkan di suatu acara saja, anak balita sudah merekam suatu tarian yang dilihatnya, tanpa sadar anak-anak balita umur dua tahun saja sudah mampu menari Melayu, walau tariannya hanya sekedar goyang tanpa aturan, demikianlah penjelasan menurut Ummi Yanti guru pengasuh TK Al-Uswah.

Arsip Foto Tk- Al-Uswah km. 10 TPI
Tanjungpinang, (HF) Ketika ditemui di tempat kerjanya TK Al- Uswah yang beralamat km.10 Tanjungpinang (14/3) Ummi Yanti begitu murid-murid memanggilnya sehari-hari. Menurut Ummi Yanti tarian yang ada di Tanjungpinang beraneka ragam, akan tetapi, tarian yang menjadi sorotan semua kalangan adalah tarian Melayu “Sekapur Sirih” yaitu tarian persembahan yang sering dipertunjukkan dalam pembukaan acara formal dan bahkan nonformal, tidak dikalangan orang dewasa saja yang menarikannya, melainkan anak-anak TK (Taman Kanak-kanak), dan  bahkan setiap acara perpisahan  banyak sekolah TK menampilkan tarian Melayu imbuhnya. Anak  TK yang rata-rata umur empat sampai tujuh tahun sudah mampu menampilkan dan memperagakan tarian Melayu tersebut dengan sangat baik, pada tahun-tahun sebelumnya sudah sering dipertontonkan , hal ini terbukti karena setiap tahunnya tarian tersebut akan di tampilkan pada acara-acara tertentu terutama perpisahan sekolah.
        Seni tari Melayu khususnya tarian persembahan sudah menjadi tradisi pada setiap kegiatan, seperti perpisahan sekolah, pembukaan suatu perlombaan, acara hari kemerdekaan, dan lainnya. Tentu saja dengan seringnya dipertunjukkan terian-tarian khas Melayu di Tanjungpinang, tanpa sadar kita telah menanamkan dan menumbuhkan pengetahuan tarian pada anak-anak sejak dini, Harapan kedepannya agar tarian tradisional Melayu hendaknya terus ditingkatkan, begitulah harapan Ummi Yanti untuk masa yang akan datang. HF/Hindun.B8/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar