Selasa, 20 Maret 2012

Ketahui Aturan Main Internet


Tanjungpinang,(HF) Banyak kejadian-kejadian dan permasalahan yang timbul dari internet. Menurut Dayat (36 tahun) di rumahnya,  Km. 2 ada kiat-kiat jitu untuk menanggulangi keleluasaan anak menyalahgunakan fasilitas internet, “ada aturan mainnya” ujarnya.

Agar anak-anak tidak menyalahgunakan fasilitas internet, ada aturan mainnya yaitu anak-anak tidak dibiarkan sendiri untuk pergi sendirian ke warnet atau buka internet di kamar seorang diri, setidaknya ada orang tua disampingnya yang menemani, tidak mengizinkan anak untuk membuka sembarang situs karena itu, orangtua perlu meperhatikan situs-situs apa saja yang dibuka anak-anak, perhatikan juga isi dari situs, jika ada yang tidak sopan segera menghapus situs-situs yang berpengaruh tidak baik bagi pola pikir anak, orangtua dan anak hendaknya membuat kesepakatan atau membuat jadwal tertentu, misalnya kapan, di mana, berapa lama waktu diperbolehkan menggunakan internet, pastikan situs apa saja yang boleh dibuka.
Dengan adanya berbagai trik atau kiat-kiat ini anak-anak akan lebih diperhatikan dan terkontrol, dan hal ini setidaknya sudah mengurangi penyalahgunaan internet bagi si anak, dan tingkat kesadaran untuk berdisplin bagi jiwa anak dan rasa tanggung jawab kepada anak akan tersalurkan dengan sangat baik, dan intinya internet akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi si anak apabila kiat/aturan dan rambu-rambu menggunakan internet bagi anak diterapkan setiap harinya.HF/Hindun.B8/12.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar